Klub Sepakbola Instan Zaman Now

164

Dewasa ini, industri sepakbola kian berkembang. Perkembangan tersebut membuat klub semakin bernafsu untuk kian berprestasi dan merengkuh gelar demi gelar. Menjadikan gelar sebagai tujuan utama adalah suatu hal yang wajar bagi klub sepakbola dimanapun itu. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir muncul sebuah fenomena unik nan mengundang kritik yaitu munculnya berbagai klub instan terutama di daratan Eropa.

Klub instan adalah julukan yang diberikan kepada sebuah klub yang melakukan pembelian besar-besaran di bursa transfer dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang. Klub instan ini biasanya diawali oleh proses akuisisi dan menjadi tim yang “kaya mendadak.” Kini, setidaknya ada 4 klub di level tertinggi persepakbolaan benua Eropa yang mendapat julukan klub instan. Mereka adalah Manchester City, Paris Saint Germain, AC Milan, dan Everton. Tetapi, hingga saat ini hanya Manchester City dan PSG yang terbilang sukses.

Syekh Mansour mengakuisisi The Citizens dengan kucuran dana hingga 719.1 juta pound sterling. Credit: Getty Images

Manchester City menjelma menjadi kekuatan baru di persepakbolaan Britania Raya sejak diambil alih oleh Syekh Mansour bin Zayed bin Sultan Al Nahyan pada tahun 2008. Pergerakan awal Manchester City sebagai klub instan dimulai dengan membeli beberapa pemain top, seperti Robinho dan membajak Carlos Tevez dari klub rival (Manchester United). Strategi mendatangkan pemain elite dunia pun berlanjut hingga saat ini. Pada bursa transfer musim panas yang lalu, City kembali mendatangkan sejumlah pemain top diantaranya ialah Benjamin Mendy dan Bernardo Silva.

Strategi tersebut pun membuahkan hasil. Manchester City berhasil menjuarai Premier League pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. Selain itu, City juga merengkuh 1 FA Cup, 1 Capital One Cup, dan 1 Community Shield. Akan tetapi, pada pentas Liga Champions Eropa City hanya mampu mencapai babak semifinal pada musim 2015/2016. Sementara itu, hingga pekan ke-11 musim 2017/2018 mereka memuncaki klasemen Premier League dengan meraup 31 poin dengan 10 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Neymar bersama bos besar Qatar Sports Investiments, Nasser Al-Khelaifi. Credit: https://www.google.com/url?sa=i&r

Tak hanya di Inggris, di Perancis juga ada klub elite yang mendapat julukan klub instan yaitu Paris Saint Germain. PSG diakuisisi oleh Qatar Sports Investments pada tahun 2011. PSG pun menjadi suatu tim yang tangguh setelah menerapkan strategi yang sama diterapkan oleh Manchester City. PSG berhasil mendatangkan pemain sekelas Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani, Angel Di Maria hingga yang teranyar Neymar Jr dan Kylian Mbappe. PSG berhasil menjuarai Ligue 1 empat musim beruntun mulai musim 2012/2013 hingga musim 2015/2016. PSG juga menguasai Coupe de France di tiga gelaran terakhir.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berita Menarik Lainnya
Komentar
Memuat...